Kamis, 10 April 2008

Hidup Dari Daun Kelapa

Daun kelapa merupakan hasil alam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Dari daun kelapa dapat dibuat kerajinan untuk acara perkawinan, pembungkus ketupat dll. Sedangkan lidi dari daun kelapa dapat dimanfaafkan sebagai sapu, tusukan sate, bahkan berbagai macam kerajinan untuk hiasan rumah.
Ardi, sapaan akrab Sumardi (29) seorang pedagang daun kelapa didaerah Pasar Palmerah, Jakarta bercerita ia sudah delapan tahun berjualan daun kelapa ini.Ia mendapatkan bahan baku dari daerah Bogor, Parung bahkan dari Lampung.

Satu ikat daun yang terdiri 50 lembar ini di jual seharga Rp5000,- " itu juga pembeli sering minta diturunin lagi harganya, ya..kalau sama langganan saya kasih harga miringlah" tutur Ardi, pemuda asal Bengkulu ini. Tak hanya menjual daun saja, Ardi juga membuat kerajinan untuk hiasan pesta perkawinan untuk dijual. " tergantung ukuran, kalau yang biasa satu pasang saya jual seratus ribu, kalau yang luar biasa saya jual lebih....ha..ha.." jelasnya sambil bercanda. Biasanya yang sering membeli daun kelapa itu para pedagang lontong sayur, ketoprak,dll. Rata-rata setiap harinya Ardi bisa mengantongi 30 ribu," yah.. namanya juga dagang, kadang rame, kadang sepi....itu juga belum dipotong sama modal dagang" cerita Ardi
yang tinggal di kontrakan daerah Srengseng, Jakarta Barat ini.
Ardi juga memperoleh pendapatan tambahan dari jualan sapu yang lidinya didapat dari sisa pembuatan ketupat serta kerajinan pesta perkawinan. Daun kelapa merupakan hasil alam yang limbahnya dapat olah oleh alam dengan mudah sehingga tidak merusak lingkungan. (kwn)

Tidak ada komentar: